Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Sibolga

Kota Sibolga saat ini dipimpin oleh Walikota Drs. H.M. Syarfi Hutauruk, MM yang menjadi pemenang pada pilkada Kota Sibolga tahun 2010-2015 mengalahkan pasangan H. Afifi Lubis-Halomoan.
Pilkada Kota Sibolga Tahun 2010 diwarnai kejadian anarkis yaitu pembakaran dan perusakan kantor Instansi Pemerintah Kota Sibolga.
Lucunya ricuh ini juga mewarnai kehidupan masyarakat Kota Sibolga hingga ke akar rumput. Tetangga dengan tetangga bisa menjadi musuh. Famili dan keluarga bisa putus. bahkan yang pacaran bisa bubaran. Ini benar terjadi  karena saya adalah saksi hidup dan tampan kejadian ini.
Kalo anda menjadi pendukung suatu pasangan, maka siap-siaplah untuk menerima cacian, hinaan, makian, bahkan ajakan perkelahian.
Berita lengkap tentang ricuh pilkada ini bisa anda baca pada beberapa tautan berikut :
1. http://komisikepolisianindonesia.com/sekilas/read/2179/10-ditahan-kerusuhan-pilkada-sibolga.html
2.  http://logowa.ui.ac.id/w/155_pilkada-sibolga-rusuh-3-kantor-camat-rusak/
3. http://nasional.tempo.co/read/news/2010/05/15/179248074/buntut-rusuh-pilkada-sibolga-polisi-tangkap-10-perusak-kantor-camat
4. http://apakabarsidimpuan.com/2010/05/penghitungan-suara-pilkada-kota-sibolga-rusuh-tiga-kantor-kecamatan-di-sibolga-dirusak-massa/
Pada tahun 2015 diadakan Pemilihan Kepala Daerah Kota Sibolga dengan incumbent Syarfi Hutauruk kembali mencalonkan diri berpasangan dengan Edi Polo Sitanggang dari Demokrat dengan saingannya Memory Eva Ulina-Jansul Perdana. Perlu diingat bahwa Memory Eva Ulina adalah isteri dari Wakil Walikota Sibolga periode 2010-2015 yaitu Marudut Situmorang.